Gini Tah Rasanya Jadi Mahasiswa

Seseorang pernah berkata ‘kamu akan benar-benar merasa memiliki sesuatu ketika kamu sudah kehilangannya’. Dan aku sangat setuju dengan pernyataan itu. Konteksnya kali ini adalah masalah status. Bukan status dalam artian lajang/menikah/duda/janda/ atau in complicated relationship macem di Facebook gitu lho ya, tapi kali ini yang akan aku bahas adalah status sebagai mahasiswa rantau.

Percaya deh, jadi mahasiswa itu enak banget dan statusnya wajib banget untuk dimanfaatin. Dan sekarang ini aku lagi kangen-kangennya sama kostan, kampus, dan segala tetekbengek yang menggelayut dalam hidupku kemarin selama berstatus sebagai mahasiswa rantau. Padahal, pas masih jadi mahasiswa kemarin kayaknya tuh apa-apa ngeluh. Capek rapat lah, tugas ga kelar-kelar lah, cucian baju numpuk, belom bayar listrik kostan, dosen susah banget ditemuin, bingung mau makan di mana, dan lalala lainnya yang biasa dirasain sama mahasiswa. Bener deh, hal-hal kaya gitu itu harusnya jangan dikeluhkan, nikmatin. Karena pasti akan sangat dikangenin ketika kita sudah tidak berstatus sebagai mahasiswa lagi.

Perlu diperhatikan, di sini aku bukannya ngajak untuk terus jadi mahasiswa tanpa ngejar target lulus lho ya. Lulus itu wajib karena tanggung jawab. Bukan hanya sama orang tua, tapi lebih kepada tanggung jawab sama diri sendiri. Di sini aku hanya mencoba untuk remind bahwasanya kehidupan menjadi mahasiswa itu sangatlah indah dan harus dijalani dengan penuh semangat, jangan banyak ngeluh. Pokoknya manfaatkan waktumu sebagai mahasiswa sebaik mungkin.

Aku ingin berpesan terutama bagi si kupu-kupu yang biasanya kurang mengenal kampus Sayang banget tuh kalo ngga manfaatin status sebagai mahasiswa untuk ngembangin diri di ruang berproses kampus. Kan banyak tuh, dari mulai UKM, himpunan mahasiswa, BEM, dan komunitas luar kampus yang ngga hanya nambah wawasan, tapi pengalaman dan relasi juga. Di ruang-ruang itulah sadar ngga sadar kita akan menjadi pribadi yang lebih baru, lebih open minded, dan lebih berani untuk speak up, pokoknya ada banyak deh yang bisa kita pelajarin. Bahkan menurutku, lebih banyak hal baru yang jauh lebih menarik yang akan kita dapetin  di luar ruang kelas kuliah. Kuliah mah, copy ppt dosen, browsing materi, belajar di kostan, ujian, udah deh kelar. Pahit getirnya berorganisasi? Cuman bisa kita dapetin dengan terjun langsung ke sana.

Jujur memang sebenernya aku juga bukan tipikal aktivis kampus yang hobi nongkrong di warkop sambil diskusi isu-isu terkini, sampai ngedumel masalah birokrasi. Aku adalah tipikal cewek introvert yang sebenernya lebih suka dengan di kamar sendiri daripada ada di berada di depan umum. Tapi selama menjadi mahasiswa kemarin aku bener-bener tersadarkan bahwa ada banyak sekali hal menarik yang terjadi di luar sana. Akhirnya karena rasa kepo pun aku berani untuk sedikit melangkah keluar dari zona nyamanku di kamar kost..

Beruntung, lingkungan saat aku berstatus sebagai mahasiswa baru mengajak aku untuk berani masuk ke ruang berproses kampus. Dari mulai kepanitiaan, UKM, sampai ke organisasi himpunan dijabanin. Padahal selama dari SD sampai SMA ngga pernah tuh ikut ekskul atau organisasi apa pun di sekolah. Kerjaannya ya cuma berangkat sekolah, dengerin ceramah, tidur dan jajan di jam istirahat, nonton film bareng-bareng sekelas, nge-mall­, trus pulang. Tapi pas jadi mahasiswa kemarin, aku mencoba untuk sedikit lebih membuka diri dengan ikut ruang berproses di kampus. Dan ternyata, seru juga. Banget malah! Dari situ, aku yang baru pun terlahir. Ngga banyak yang berubah si memang, tapi setidaknya sekarang aku jadi lebih peka sama isu-isu di sekitar, lebih berani untuk speak up what’s inside my head, dan yang pasti jadi punya lebih banyak kenalan.

Yah, jadi mahasiswa itu seru banget deh pokoknya. Di masa-masa ini kita bakal bener-bener di hadapkan dengan realitas kegetiran hidup, tapi jadi banyak belajar juga. Berasa banget proses pendewasaannya. Apalagi kalau aktif organisasi, komunitas, dan ruang-ruang berproses lainnya di kampus. Satu hal yang perlu jadi catatan adalah, nge-blend dalam sebuah ruang berproses itu harus, tapi, kalau kata urang Sunda mah tong kabawa ku sakaba-kaba. Maksudnya, kita tetep harus bijak dalam membedakan mana yang memang baik untuk bantu ngembangin diri kita, dan mana yang sebaliknya. Jadi meskipun memang ikut ke ruang berproses di kampus maupun luar kampus selama jadi mahasiswa itu penting, tapi lebih penting lagi untuk bisa nge-filter baik buruknya karena ada banyak hal tak terduga yang bisa jadi akan merubah kita ke arah yang tak terduga pula. 

Komentar

  1. Unch! yang lagi kangennya, gabisa bawa nama mahasiswa lagi nih buat magang! Tapi jangan terlena sama zona nyaman juga ya! ^^ semangat cacasku <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. statusku tidak terhormat sekarang :" dibilang zona nyaman si mungkin bisa jadi, tapi tiap malem aku ngga tenang tidurnya mikirin kelanjutan masa depan whaha. kaya gitu masih bisa dibilang zona nyaman bukan ya? hmm

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Thoughts About Palestine

Cuek itu perlu

Mood breaker!