Review Buku Rentang Kisah by Gitasav, So Inspiring


Berawal dari nonton vlog nya tentang Kuliah di Jerman, akhirnya saya mengenal sosok Gita Savitri Devi atau dikenal juga dengan nama Gitasav. Pertama kali nonton vlog Gitasav ini cukup berkesan. Selain memang kontennya yang informatif, yang paling menarik dari Gita ini adalah hijabnya. Ya, saya tipikal orang yang seneng aja gitu liat cewek Indo tinggal di luar negeri tapi berhijab. Gak tau kenapa..

Lebih dari itu, pertama kali saya jadi fans Gitasav adalah ketika nonton vlog nya Gita di segmen beropini. Disitu saya jadi semakin kagum karena dia menjadi sosok influencer media sosial yang (menurut saya) patut diteladani di tengah maraknya influencer yang seringkali mem-publish konten yang (menurut saya) isinya haha-hihi doang. Beberapa opini nya Gita yang saya inget itu ada opini tentang kasus First Travel, Islam di Jerman, rasisme, tentang berhijab, sama yang terbaru itu tentang kasus pelecehan agama. Buat yang penasaran, bisa cari channel nya Gita Savitri Devi di Youtube. Jangan lupa carinya segmen ‘beropini’ ya, soalnya ada juga beberapa vlog  Gita yang isinya juga haha-hihi doang (tapi da aku mah nge-fans,jadi semua videonya dia aku mah suka pisan we gitu..)

Ini intro nya kepanjangan ya?

Balik ke main topic kali ini, saya ingin memberikan sedikit review tentang Rentang Kisah, buku pertamanya Gitasav, sekaligus jadi buku pertama yang saya baca di tahun 2018. 

Judul: Rentang Kisah
Penulis: Gita Savitri Devi
Tebal buku: 216 hlm
Penerbit: Gagas Media
Harga: Rp 65.000,-

Kesan pertama melihat covernya, udah langsung tertarik karena memang selain sudah jadi fans nya Gitasav, cover buku ini juga cukup unik, dan warnanya biru. and i love blue! Isi buku ini sebenernya tentang kisah hidup seorang Gitasav (autobiografi), tetapi di setiap bab yang Gita ceritakan itu selalu ada pesan menarik di dalamnya. Untuk di bab-bab awal menurut saya memang agak membosankan. Tapi makin kesini saya semakin tertarik dengan kisah dan pesan-pesan motivasi yang berusaha Gita kasih ke pembaca Rentang Kisah.

Bahasanya sangat mengalir, jadi pembaca itu kaya lagi dengerin Gitasav ngomong aja gitu. Makanya baca Rentang Kisah ini kalo lagi bener-bener free bisa banget kelar dalam dua sampai empat jam aja, soalnya kaya denger orang lagi curhat sekaligus ngasih motivasi tapi tanpa menggurui. Meskipun kisahnya sangat personal, tapi Gita berhasil membuat pembaca (terkhusus saya) jadi sangat termotivasi. Cocok deh untuk dibaca sama orang-orang yang sedang butuh penyemangat hidup.

Memotivasi diri sendiri ketika sedang nge-down itu nggak gampang. Namun, aku harus melakukannya untuk bisa menyelesaikan apa yang telah dimulai. Kita cuma bisa mengandalkan diri sendiri untuk bisa meraih apa yang kita inginkan. –hlm66

…dunia ini sebenarnya bukanlah tuntutan. Karena sesungguhnya nggak ada yang menuntut kita harus punya particular life atau particular things yang harus dicapai. Cuma keadaan. Dan aku nggak mau kalah sama keadaan.-hlm160

Bab yang menurut saya paling interesting adalah tenang kisah Gita dengan teman hidupnya Paul yang menjalin hubungan beda agama. Di buku ini Gita bercerita tentang bagaimana awalnya dia begitu ingin membawa Paul masuk Islam karena tidak ingin menjalin hubungan beda agama (tepatnya karena agama Islam melarang keras hal tersebut).

Hubungan beda agama itu ujungnya cuma satu: putus. Hlm-86

Sampai akhirnya Gita merasa apa yang ia lakukan salah (lebih tepatnya niatnya yang salah) karena ia selalu merasa gundah dan hilang arah ketika berusaha untuk mengajak Paul memiliki satu keyakinan yang sama dengannya. Ia menyadari bahwa apapun yang akan terjadi pada hubungannya dengan Paul ia seharusnya tidak peduli karena hal itu sudah di atur oleh Allah. Ia hanya ingin berusaha tulus membantu Paul menjemput hidayahnya, dan tulus ingin mengakrabkan Paul dengan Islam, bukan lagi karena egonya agar bisa memiliki keyakinan yang sama dengannya. Dan seiring waktu berlalu, akhirnya Paul pun mantap ber-syahadat... such a beautiful and inspiring story.

Selain bab tentang Paul, kisah hidup Gita di bab-bab lainnya tentang proses hijrah yang ia lakukan, dari seorang yang menjalankan agama berdasarkan opini nya sendiri, hingga akhirnya ia memperdalam Islam dan mengenal keindahan agama Islam, berhasil membuat saya terkagum-kagum. Alasan lain kenapa suka banget dengan Rentang Kisah ini juga karena banyak kejadian-kejadian Gita yang relate banget dengan keadaan saya sekarang, atau bahkan dulu. Jadi berasa dikasih pencerahan atas apa yang sedang saya hadapi. Intinya di buku ini pembaca akan tau prosesnya Gita dari dia SMA, ketika masih sering pake-lepas hijab, sering berantem sama mama nya, masih egois, sampai proses dia hingga menjadi seorang Gitasav yang saat ini menjadi sosok influencer yang suka menyebarkan konten-konten positif di dunia maya. Worth to read!

Sedikit tambahan (yang sebenernya sangat tidak penting), buku ini juga berhasil membuat teman saya (sebut saja si komentator alis) yang mengaku paling tidak suka baca buku (suka nya ngomentarin alis orang aja gitu), berhasil baca buku Rentang Kisah dalam waktu dua hari saja, dan dia jadi termotivasi untuk menjadi orang yang lebih baik lagi (dan akhirnya sadar untuk tidak mengomentari alis orang lain lagi) haha. Ya intinya buku ini super recommended, cocok banget dibaca sama siapa pun karena banyak quotes yang ngga hanya inspiratif, tapi juga kece buat di post dan ngeksis di medsos. Like this one: 


The purpose to live a happy life is to always be grateful and don’t forget the magic word: ikhlas, ikhlas, ikhlas. -Gitasav


Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Thoughts About Palestine

Cuek itu perlu

Mood breaker!