Udah Deh Jangan Nethink Melulu


I labeled myself as an overthinker. Seringkali sadar sebetulnya kalau apa yang dikhawatirkan di kepala itu bukan kenyataan (ya mungkin ada yang kebetulan beneran, tapi kan most of the time ngga divalidasi karena hanya asumsi). Tapi seringkali apa-yang-ada-di-kepala-yang-cuma-asumsi-ini bikin mood awut-awutan gara-gara mikirinnya semua kemungkinan-kemungkinan buruk yang mungkin terjadi. Padahal kan mungkin juga nggak terjadi.  

Kok dia jadi diem sih? Gue salah apa ya?

Kayaknya gara-gara yang kemarin, tapi masa sih?

Iya kayaknya gara-gara itu

Ih kok mbak-mbak di sono ngeliatinnya gitu banget sih

Aneh banget kah gue ini keliatannya?

Kenapa sih gue kalo nanya ngga direspon?

Padahal apa susahnya ngangguk atau at least geleng 

Oh, emang ngga suka aja kali sama gue dia mah 

Iyasik, kan gue nyebelin emang wajar aja orang nggak suka


Dsb dst dll. Dan semua itu berhenti hanya di kepala, khawatir aja kepikiraan ampe mentok. Padahal, apa susahnya sih divalidasi aja kekhawatirannya? Ya memang susah! Nggak tau apa yang bikin susah. 


Then, I once watched a TedTalk from Alison Ledgerwood tentang How to Get Unstuck from The Negatives. Katanya, manusia itu memang udah DNA nya akan lebih gampang mengingat atau memikirkan hal-hal yang negatif. Perasaan atau pikiran negatif itu cenderung menempel lebih lama, apalagi ketika kita sudah pernah melalui perasaan yang nggak nyaman atau trauma.


Misal. Kayaknya gue punya semacam anxiety atau trauma of rejection (kayaknya. Iya ini self diagnose gara-gara kebanyakan baca konten-konten mentil). Jadi ketika ada sedikit aja rejection dari orang lain, beuh sakit hatinya sampe ubun2. Perkara ngga direspon pas nanya aja kayaknya ngerasa nggak berharga banget padahal kan bisa jadi dia emang nggak denger (atau emang nggak peduli.. Nah kan). Entah kayaknya ini jadi nge-re-call pengalaman nggak nyaman gue dulu. Jadi muncul perasaan ok gue emang not worth it. Jadi ngerasa unwanted, unheard, dan un-un lainnya. 


Kalau konteks yang di atas ya sebenernya setiap orang  juga mungkin ngerasain hal yang sama kaya gue sih, toh setiap orang pasti ngerasa nggak nyaman dong kalau nggak didengarkan? But the point is, in all forms of communication, verbal ataupun non verbal yang menyakitkan itu bisa beda-beda impactnya ke orang lain. Ada yang mungkin hanya menganggap itu angin lalu, ada yang merasakan sakit hati dalam seminggu, atau mungkin mengendap dalam perasaannya hingga lama bahkan jadi trauma. 


Oke, kita balik lagi ke video TedTalk tadi, ya walaupun memang sudah naluriah kalau kita sebagai manusia seringkali inget sama pikiran-pikiran negatif aja, tapi katanya Ledgerwood kita tuh punya pilihan untuk “focus on the upside”. 


Nggak apa-apa kok kalau merasa nggak nyaman dengan perlakuan orang lain ke kita. Apa yang kita rasakan itu boleh kita rasakan. Sakit hatinya valid. 


Tapi abis itu, coba deh liat cuaca diluar. Langitnya lagi bagus banget! Atau, eh itu ada remahan kerupuk di lantai dan ada segerombol semut gotong royong buat bawa makanan itu ke rumahnya, keluarganya pasti seneng banget.  Atau, makanan tadi sebenernya kurang enak sih, tapi minumannya seger banget. Mbaknya juga ramah senyum terus, jadi nular pengen ikutan senyum juga. Atau, lega banget abis cuci piring segambreng. Atau, internetnya hari ini lancar deh jadi bikin semangat kerja. Atau, kenapa cipung gemes banget da!


"our minds may be built to look for negative information and to hold on to it, but we can also restrain our minds if we put some effort into it” - Ledgerwood 


Itu. Kuncinya adalah let’s make an effort to focus on the upside. Bukan berarti Kita nggak boleh punya perasaan yang bikin Kita nggak nyaman. Ngerasa kecewa, sedih, marah, itu boleh kita rasakan. Tuhan bikin perasaan dan emosi manusia itu ya untuk dirasakan. Tapi, jangan lupa juga untuk menyadari hal-hal baik yang terjadi di sekitar kita. Bisa dimulai dengan bikin gratitude journal atau berusaha mindful dengan lingkungan sekitar kita. 


Ya, Ca. It’s a self reminder. Jangan dipaksa, pelan-pelan aja. Biar kedepannya jadi biasa. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Thoughts About Palestine

Cuek itu perlu

Mood breaker!